Format Penulisan ICO Review

Format Penulisan ICO Review

Ketika kiat handak memberikan sebauh gambaran tetang ICO maka ada baiknya kita menulisnya dengan terstruktur apa tujuan-tujuan dari proyek tersebut agar kita dapat memberikan gambaran bagi para peserta untuk berinvestasi dalam salah satu ICO dengan Program yang baik. berikut ini adalah format penulisan ICO agar tulisan kita terstuktur.

1. Tim / Orang-orang dibalik project tersebut

  • Cari tahu siapa mereka sebenarnya: founder, para penasihat, CEO, dan anggota tim. Tidak ada salahnya juga untuk meng-Google mereka satu-persatu dan mengunjungi profile Linkedin mereka. Lihat pekerjaan mereka sebelumnya, apakah mereka bisa dianggap ahli di bidangnya?
  • Cari video mereka di YouTube. Apakah ada video mereka berbicara di seminar atau konferensi blockchain?
  • Cari berita-berita terkait dengan anggota tim mereka. Apakah mereka mempunyai sejarah yang bersih? Apakah mereka pernah terlibat kasus penipuan di masa lalu?
  • Intinya: Apakah anda percaya bahwa mereka bisa mencapai goal yang mereka janjikan?

2. Ide dan Project itu sendiri

  • Apakah project mereka adalah sebuah solusi dari masalah yang ada di dunia ini (solve any real-world problems)?
  • Apakah nilai jual yang ditawarkan oleh project ini?

3. Keberadaan Social Media Mereka

  • Apakah mereka mempunyai platform chat seperti Telegram atau Slack? Dan apakah mereka memberikan respon secara cepat di channel-channel ini?
  • Lihat akun Reddit, Facebook, Medium.com, atau Twitter mereka. Apakah mereka memberikan update secara rutin? Dan ada berapakah follower mereka?

4. Kegunaan Token yang Mereka Jual

Apakah tujuan dari token tersebut? Apakah mereka memberikan deviden atau pembagian keuntungan? Apakah token tersebut memberikan anda suara untuk voting?
Beberapa kali saya melihat project-project cryptocurrency yang menjual sebuah token yang tidak jelas gunanya. Maksudnya adalah, token tersebut tidak merepresentasikan apa-apa, dan tidak terlihat koneksi aset tim tersebut dengan token itu sendiri. Jika tidak ada gunanya, buat apa anda memiliki token tersebut?

5. Market Cap Altcoin Tersebut (atau ICO Cap untuk Tahap ICO) beserta Harga dan Jumlah Token/Koin yang Beredar

  • Umumnya, bila sebuah project sudah memiliki market cap besar (misalnya di atas 500 juta Dollar), lebih sedikit kemungkinan market cap mereka untuk naik berkali-kali lipat. Bandingkan dengan sebuah project yang sama, tetapi market cap nya masih 10 juta dollar.
  • Untuk ICO, pastikan untuk melihat batas maksimum soft cap atau hard cap dari crowd sales mereka. Beberapa project akhir-akhir ini bisa mengumpulkan dana dari ICO yang besarnya ratusan juta Dollar, dan secara instan memiliki valuation yang tidak masuk akal. Bagaimana menurut anda kemungkinan valuationperusahaan-perusahaan ini untuk naik berlipat-lipat ganda dari valuation sebelumnya?
  • Ada berapakah koin/token yang beredar? Apakah koin ini sudah ditambang / diciptakan sebelumnya? Siapakah pemegang token mayoritas, dan berapa besar koin yang dipegang? Apakah perusahaan mereka mengontrol token dengan jumlah prosentase yang tidak masuk akal? Ingat, inti dari blockchain adalah desentralisasi. Bagaimana jika mereka memutuskan untuk menjual semua atau sebagian besar token mereka dalam waktu singkat? Ya, tentunya harga akan anjlok.

6. Volume Trading - Lihat Gambar di Atas

Faktor ini sering terlewatkan oleh para investor. Bayangkan jika anda memiliki koin ABC sebesar 10 juta Rupiah. Tetapi volume trading yang terjadi hanyalah 1 juta rupiah. Berarti anda tidak bisa melikuidasikan posisi anda.
Tentu dalam keadaan sebenarnya, agak jarang bagi seorang investor untuk memiliki koin yang berjumlah lebih besar dari volume trading - kecuali jika investor tersebut adalah seorang whale (trader / investor dengan portfolio atau modal besar). Yang lebih sering terjadi adalah harga koin yang tercatat di sebuah exchange hanya merepresentasikan jumlah koin yang sedikit. Jadi jika anda mempunyai jumlah koin yang agak besar, anda akan bisa merubah harga secara signifikan jika anda membeli atau menjual dengan harga market (market order).

7. Exchange yang Menjual Koin/Token Tersebut

  • Ada berapa exchange yang memperjual-belikan koin tersebut? Apakah exchange-nya adalah exchange besar? Kadang-kadang jika sebuah koin atau token belum terdaftar di exchange mana pun, ini bisa berarti positif. Sering terjadi jika ada sebuah rumor atau gosip bahwa sebuah koin akan mulai diperjual-belikan di sebuah exchange, maka harga koin tersebut melonjak secara signifikan.
  • Jika project tersebut sudah berada cukup lama, namun belum juga terdaftar di exchange besar, apakah alasannya?

8. Dukungan Komunitas dan Para Developer

Apakah project tersebut didukung oleh komunitas yang kuat dan para developer yang sukarela membantu? Cara mudah untuk cek hal ini adalah dengan melihat halaman Reddit mereka dan lihat seberapa aktifnya akun mereka. Jika kita lihat contoh NEO, project blockchain ini didukung oleh grup developer eksternal dengan sebutan City of Zion. Grup developer eksternal ini membantu menciptakan software dompet NEON, dan bahkan memiliki roadmap dan dokumentasi mereka sendiri.

9. Tahap Perusahaan Tersebut

Pada tahap manakah perusahaan ini berada sekarang? Apakah mereka dalam tahap ICO, atau dalam tahap yang lebih stabil? Seberapa mungkinkah mereka untuk tumbuh dari tahap ini?

10. Tahap Release Produk: Pilot / MVP / Alpha / Beta / Public Launch

  • Sudahkah mereka me-release produk mereka di pasaran luas?
  • Apakah mereka sudah mempunyai sebuah produk atau aset yang tangible - seperti app, platform, atau website yang sudah bisa dipakai?
  • Seberapa jauh sampai mereka me-release produk mereka?

11. Kompetitor

Apakah anda melihat project-project blockchain lain yang menawarkan produk atau jasa yang mirip dengan mereka?
Mari kita lihat contoh industri kartu debit cryptocurrency. Sebuah pencarian simple di Google akan membawa kita ke 3 project blockchain berbeda yang menawarkan produk yang mirip:
Ujung-ujungnya, semua akan bergantung kepada kualitas produk dan jasa mereka, dan seberapa besar user-base dan market share mereka. Tapi kita bisa mulai meng-analisa perusahaan-perusahaan ini dengan melihat ukuram market cap mereka, kapan mereka akan me-release produk mereka, roadmap dan jumlah user-basechannel social media mereka.

12. Whitepaper

Apakah anda telah membaca whitepaper project mereka? Bagaimana menurut anda? Apakah anda yakin bahwa mereka bisa mencapai goal dan target yang telah ditentukan? Seperti apa roadmap mereka, apakah menurut anda achievable?

13. Status Hukum

Yang terakhir ini sering dilewatkan oleh banyak investor. Misalnya saja ada perusahaan yang berdomisili di Indonesia, yang berencana menawarkan sebuah produk untuk menggunakan Bitcoin sebagai alat transaksi jual-beli sehari-hari. Idenya cukup menarik dan cukup achievable. Namun apakah hal seperti ini diperbolehkan oleh Bank Indonesia? Dan apa strategi mereka untuk memenuhi syarat hukum di negara tempat mereka berada?
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar