Apa Itu Bitcoin Dan Cryptocurrency

Apa Itu Bitcoin Dan Cryptocurrency




Mari kita belajar dan mengenal Bitcoin dan Cryptocurrency lebih dalam. dengan demikian anda akan dibawa dalam dunia mata uang Digital dan rasakan mudahnya transaksi di seluruh penjuru dunia. tapi sebelum itu mari kita cari tahu dulu apa itu Bitcoin.
Bitcoin adalah aset digital yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang yang berasal dari jepang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. karna konsepnya yang mirip dengan eGold dan eMony maka Bitcoin hanya dapat kita gunakan menggunakan perangkat komputer atau handpone yang tersambung dengan internet.


Bitcoin sendiri mempunya total suplay sebanyak 21,000,000 dan jika semua total suplay terpenuhi Bitcoin akan semakin langka, dan hal itu akan membuat harga bitcoin semakin melambung. saat tulisan ini dicatat sudah ada sekitar 17,167,950 Bitcoin yang tercatat di CoinMarketcap.


Dan berikut ini adalah fitur yang dimiliki Bitcoin:

  • Bitcoin Tidak dikontrol oleh Pemerintah dan pihak manapun
Bitcoin yang menggunakan database Blockchain tidak dikontrol oleh suatu pihak, melainkan sangat terbuka untuk umum sehingga mustahil bagi seseorang untuk memalsukan transaksi di Blockchain. Seluruh transaksi tercatat secara live, transparan, dan tersebar ke jutaan server. Mereka yang ingin mengubah atau memalsukan data transaksi Bitcoin, harus meretas jutaan server tersebut di saat yang bersamaan.
  • Transfer singkat 
System P2P (peer to peer/ dari orang ke orang) yang artinya Bitcoin berjalan tanpa memiliki server pusat. Server penyimpanannya bersifat desentralisasi dan terdistribusi dibagi ke berbagai server yang dijalankan oleh setiap pengguna yang terhubung ke dalam jaringan. 
  • Transfer ke seluruh dunia
Bitcoin bisa dikirimkan kemana saja dalam hitungan detik, kapanpun dan darimanapun yang Anda mau. Pengiriman dengan Bitcoin bisa terjadi hanya dengan modal sebuah smartphone dan koneksi internet.
  • Biaya transfer yang rendah
Biaya pengiriman pun bisa dihilangkan sampai gratis, namun untuk mempercepat transaksi, biasanya dompet Bitcoin Anda akan memotong biaya sekitar 500 – 3,000 rupiah, tidak peduli berapa jumlah bitcoin yang dikirimkan. 
  • Transaksi bitcoin bersifat pseudonymous.
Karna sifatnya yang taransparan jadi semua transaksi yang pernah dilakukan sekaligus saldo Bitcoin yang dimiliki seseorang bisa kita lihat, namun kita tidak tahu siapa pemilik alamat Bitcoin tersebut bila si pemilik tidak memberitahukannya. Setiap pengguna Bitcoin sebenarnya bisa memilih apakah namanya ingin dimunculkan atau tidak, namun meskipun si pengguna ingin merahasiakan identitasnya, semua transaksinya tetap tercatat dan dapat dipantau oleh publik.

Mari kita cari tahu bagaimana cara kita mendapatkan Bitcoin. Bitcoin bisa kita dapatkan dengan cara membeli di Exchange dan Mining (Menambang) dua hal inilah yang lebih relevan untuk mendapatkan Bitcoin. tapi tidak menutup kemungkinan ada yang mendapatkan Bitcoin dengan gratis. 

Sebagaimana yang saya ucapkan di atas anda bisa membeli bitcoin di exchanger-exchanger seperti indodax.com (indonesia), mtgox (US & Jepang), dan btcchina.com (China). Terlebih Indodex telah mengantongi izin resmi dari OJK dalam transaksi digital aset. Di sana anda bisa menabung, trading dan Investing. jika ingin menabung simpan saja unag anda dalam bentuk rupiah karna tidak ada potongan bulanan sebagaiman di perbangkan. jika anda ingin Trading anda tinggal membeli Bitcoin saat harga murah dan menjualnya kembali saat harga makin mahal tapi dengan resiko di tanggung sendiri. jika ingin Investasi anda sama halnya dengan trading tapi berbeda masa penahanan Bitcoin yang anda miliki.

Dan cara yang kedua untuk mendapatkan Bitcoin yaitu dengan menambang yang dikenal dengan 'Mining' Para miner menggunakan komputer canggih untuk menguraikan matematika kompleks untuk menemukan block baru Bitcoin, sebagai hadiahnya si penemu akan dihadiahi sejumlah bitcoin.  Hadiah per ditemukannya 1 block awalnya ada 50 BTC, dan sekarang  di coinmarketcap sebanyak 12.5 BTC/block, selanjutnya akan terus berkurang diiringi dengan bertambahkan sirkulasi Bitcoin. Sistem telah memastikan bahwa maksimal bitcoin yang beredar di dunia adalah 21 Juta BTC sehingga tidak akan terjadi inflasi.

Semua orang bisa menambang Bitcoin, jadi jika anda mau menambang anda harus mempunya komputer canggih yang biasanya hal ini banyak dilakukan oleh para perakit komputer dengan dana yang tidak sedikit dan hal ini yang paling tidak mungkin bagi seorang pemula yang terbatas dengan dana.

Tapi jangn putus asa dulu anda beruntung dalam Blog ini karna saya akan memberikan Alternatif lain untuk mendapatkan Bitcoin dari ICO dengan program Bounty yang di tawarkan Untuk lebih jelasnya Baca.....






Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar